Memandang cobaan dengan sabar

MEMANDANG COBAAN DENGAN SABAR

S

esungguhnya dalam menjalani kehidupan dimuka bumi ini setiap pribadi manusia akan mengalami cobaan demi cobaan yang datang silih berganti akantetapi sebenarnya jika kita kaji lebih mendalam setiap cobaan merupakan tanda cinta Allah kepada hamba-Nya, seperti yang tersirat pada sabda nabi muhammad SAW: Tidaklah ujian menimpa seseorang mukmin dan mukminah, baik terhadap diri, anak, dan hartanya, kecuali dia akan menghadap Allah dalam keadaan tidak memiliki dosa(Turmudzi dari abu hurairah r.a.). Dari sabda tersebut terbukti bahwa setiap manusia akan diberikan ujian dari allah sedangkan dalam menghadapi setiap ujian tersebut setiap manusia harus mampu memaknainya dengan berlandaskan keimanan, tawakal, dan kesabaran. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana kita harus memiliki sikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang ada.

Sabar dari segi bahasa berarti mencegah atau menahan. sedangkan dari epistomologi berarti salah satu akhlak utama yang dengannya orang bertahan dari segala per-buatan yang kurang baik, yakni : menahan hati dari hawa nafsu; menahan jiwa dari kedukaan/kegelisahan/kegundahan/kemarahan atas suatu musibah,cobaan,ujian, ataupun kesulitan; menahan lisan dari mengaduh sakit serta menahan diri dari perbuatan maksiat atau zholim lainnya. seperti yang tersirat dalam surat al-baqarah:

Sabar dapat pula dibagi menjadi dua macam: pertama, sabar terhadap apa yang diupayakan, yaitu : sabar dalam menjalankan perintah allah dan sabar dalam menjauhi larangan allah. kedua, sabar terhadap apa yang telah ditakdirkan oleh allah kepada hambanya.

Dalam kehidupan seperti sekarang sikap sabar sangatlah diperlukan dalam memandang setiap cobaan yang ada hal ini dikarenakan pada nilai dan keutamaan sabar dapat membawa kita menjadi sebuah pribadi yang mampu untuk berpikir secara jernih. nilai dan keutamaan sabar itu adalah sebagai berikut:

1) Allah mencintai dan menyertai orang sabar. “Dan allah mencintai orang-orang yang sabar.”(QS. Ali Imran : 3:146)

2) Untuk membentengi diri dari / mengalahkan tipu daya syaitan. “jika kamu bersabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudratan kepadamu. “Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.”(QS. Ali ‘Imran:3:120)

3) Mencegah kegelisahan membuat hati tegar / damai / tentram. “Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji allah adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini itu menggelisahkanmu.”(Ar-Ruum:30:60).

4) Sebagai dasar kepemimpinan. “Dan kami jadikan di antara mereka pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami, ketika mereka sabar dan meyakini ayat-ayat kami.” (QS. As-sajdah:24).

5)Mendapatkan keberkahan yang sempurna, rahmat, hidayah serta kemenangan(pahala, dan surga). “Sesungguhnya aku memberi balasan kepada mereka pada hari ini, karena kesabaran mereka. sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang.”(QS. Al-mu’minuun:23:111).

“sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”(QS. Az-Zumar:39:10).

Setelah kita mengetahui arti pentingnya dalam menumbuhkan sikap sabar dalam menghadapi segala macam cobaan sekarang ada baiknya kita juga mengetahui bagaimana harus memupuk/ melatih kesabaran

1) Taat pada allah SWT dan rasul-Nya. ketaatan adalah refleksi dari sifat kesabaran.

2) Dengan selalu mengingat Allah SWT pada setiap kondisi(dzikrullah). “Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka(kaum ingkar / kafir) katakan, dan bertasbihlah sambil memuji tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya. Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sembahyang.”(QS. Qaaf:50:39-40). Dalam hadist qudsi disebutkan pula agar dzikrullah ketika marah: ” Barangsiapa yang ingat kepada-ku ketika marah, niscaya aku ingat kepadanya ketika aku marah, dan tidak akan aku hilangkan rahmat-Ku sebagaimana orang-orang yang aku binasakan atau hilangkan rahmatnya.”(HR. Anas r.a.).

3) Semua masalah atau musibah “dikembalikan” pada Allah swt. “kepunyaan-Nya-lah semua yang ada di langit, semua yang di bumi, semua yang di bawah tanah.”(QS. Thaahaa:20:6).

4) Selalu berprasangka baik kepada Allah SWT. “Dan Allah tidak membebani seseorang, melainkan sesuai dengan kesanggupan-nya.”(QS.al-baqarah:2:286)

5) Menyadari hakikat diri(sebagai makhluk yang lemah). “Dan milik Allah kekuasaan langit dan bumi, dan hanya kepada allah tempat kembali.”(QS. An-nuur:24:42)

6) Selalu bersyukur pada setiap kondisi. “…Sesunguhnya pada demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan allah bagi insan yang berjiwa sabar dan banyak bersukur.”(QS.Ibrahim:14:5; luqman:31:31; saba’:39:19).

7) Dengan tidak menjadikan kehidupan dunia menjadi tujuan, melainkan hanya sebagai alat untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan yang kekal.”Apakah kamu puas dengan kehidupan dunia sebagai ganti kehidupan akhirat? padahal kenikmatan hidup di dunia ini di akhirat hanyalah sedikit.”(QS. At-Taubah:9:38)

8) Menjadi orang yang pemaaf. “Tolaklah perbuatan buruk mereka, dengan cara yang lebih baik.”(QS. al-mu’minuun:23:96). “Dan barangsiapa yang suka memaafkan dan berlaku damai, pahalanya akan dijamin allah, Karena sesungguhnya dia tidak menyukai orang-orang yang melakukan kezholiman.”(QS.as-syura:42:40)

9) Memberi manfaat bagi orang lain. Untuk melakukan hal ini kita haruslah introspeksi kepada diri kita sendiri karena jika mengerti siapa diri kita sendiri kita juga bisa bertenggang rasa kepada orang lain.

Demikianlah wahai saudaraku. Kita memohon semoga ALLAH memberikan manfaat melalui tulisan ini kepada orang-orang yang mengamalkannya dan yang terpenting semoga allah memberikan taufiq dan hidayah kepada kita semua agar MEMANDANG COBAAN DENGAN SABAR dalam kondisi apapun dan dimanapun kita berada. “Ingatlah bahwa sabar tidak sama dengan putus asa”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: