menghemat pemakaian listrik pada komputer

jika pemakaian listrik membengkak sejak ada komputer, berikut beberapa langkah yang mungkin sangat menarik untuk dicoba.

1. gunakan stabilizer untuk mengurangi tegangan listrik komputer

2. pergunakan wallpaper dengan warna gelap

3. setting modus monitor dengan resolusi display dan brightness yang rendah

4. Mengatur ‘power setting’ agar monitor dapat menset power ‘off’ secara otomatisMatikan komputer (CPU) bila tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

5. pergunakan komputer dengan catudaya input yang tidak terlalu tinggi

6. hindari pemakaian kipas atau penambahan peralatan lampu pada komputer.

7. ubah system booting standart dengan cara :

1. pada menu run, buka file sysedit ( click start –> run — ketik sysedit — enter)

2. pada menu sysedit ( system configuration editor) terdapat empat file configurasi.

3. pilih menu config?sys, dan hapus semua configurasi yang ada? perlu di ingat, windows tidak memerlukan settingngan configurasi di config?sys. config.sys biasanya digunakan pada dos (disk operating system) dan saya rasa sangat jarang yang menggunakan operating system ini.

4. pilih autoexec.bat dan hapus semua konfigurasi yang ada. biasanya didalam file ini   terdapat configurasi untuk menjalankan antivirus dalam mode dos. perlu di ingat, proses menjalankan antivirus ini hanya bersifat mengecek apakah ada virus atau tidak. ini sangat tidak efektif karena walau ada virus, komputer akan melanjutkan proses booting seperti biasa. jadi, proses ini hanya memperlambat proses booting dan menurut penulis itu hanya membuang waktu.

5. buka file win.ini. di salah satu konfigurasi yang ada di file ini terdapat options “run”.   jika konfigurasi “run” ini kosong, maka file ini sudah lumayan aman. namun jika konfigurasi “run” terdapat path dan nama file, maka pada saat proses booting windows akan otomatis menjalankan file tersebut.

6. buka file system.ini.lakukan hal yang sama dengan proses nomor 5.

7. setelah selesai dengan proses ini, maka silakan keluar dari menu sysedit dan jangan lupa untuk men-save seluruh file.

8. pada menu run, buka file msconfig.

9. di menu msconfig, pilih menu startup ( sangat tidak di sarankan membuka menu yang lain jika anda tidak mengerti maksud dan tujuannya).

10. pada menu start up, kenali apa yang anda install. hilangkan tanda centang jika anda tidak ingin configurasi itu dijalankan. configurasi yang perlu biasanya hanya antivirus. penulis biasanya menghilangkan semua centang kecuali antivirus untuk mempercepat proses booting. ini tidak berbahaya, jika ada beberapa aplikasi yang seharusnya jalan, namun tidak jalan setelah kita melakukan proses ini, silakan masuk ke menu msconfigdan centang kembali konfigurasi yang di perlukan.

11. setelah itu tutup menu msconfig dan restart komputer anda.

demikian sedikit tips yang mungkin menarik untuk di ujicoba. semoga bermanfaat. sekian dan terimakasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: